Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

Halaman

31 Oktober 2011

Kusuma Agro Wisata Batu; Kebun Apel









Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman di Jawa Timur, kota Batu merupakan pilihan tepat. Kota Batu, yang dulu masih menjadi wilayah Malang, kini menjadi kotamadya sendiri dengan ikon "Kota Wisata Batu". Ya, di Batu terdapat sekian banyak obyek wisata alam dan buatan yang dikelola dengan baik dan menarik. Tak heran jika tahun 2011 ini Batu menerima penghargaan sebagai kota nomor satu yang paling peduli wisata di Jawa Timur.

Beberapa bulan lalu, saya dan istri berlibur ke tiga obyek wisata di Batu, yaitu Kusuma Agro Wisata, Songgoriti, dan Batu Night Spctacular (BNS). Nah, bagian pertama adalah ke Kusuma Agro. Letaknya tak jauh dari pusat kota Batu. Tempat ini sangat terkenal karena salah satu ikon Batu, yaitu buah apel. Di Kusuma Agro ini kita akan berada di kebun apel dan jeruk yang luas juga kebun strowberry. Saya sarankan, jika Anda ingin ke sini, perhatikan waktu. Sebaiknya datang saat buah-buah tersebut sedang berbuah.

Selain kebun buah, ada juga pabrik minuman sari apel Kusuma. Letaknya di kompleks kebun. Anda akan dibawa oleh guide berkeliling kebun. Setelah capai keliling, Anda akan disuguhi roti tawar apel gratis dan makan apel serta jeruk sepuasnya. Saya dan isti juga berkali-kali nambah sepuas-puasnya. Awalnya saya kira bisa memetik apel untuk dibawa pulang, ternyat tidak bisa. Jika dulu pengunjung katanya boleh makan apel sepuasnya di kebun, kini sudah tidak di kebun, tapi arena istirahat dan bermain anak.

Tak hanya itu, di kompleks ini juga ada area bunga-bunga dan bonsai. Kita bisa membeli aneka rupa bunga dan bibitnya. Bukan saja bibit yang masih kecil, tapi bibit berupa biji dari bunga dan tanaman lainnya.

Jika Anda ingi menginap, di area Kusuma Agro juga ada villa dan hotel yang sangat menarik dengan suasana dingin dan hijau. Hotel dan villa ini persisi di pintu pertama kali masuk kompleks. Lalu, Berapa tiket masuknya? Ada beberapa tipe tiket sesuai obyek yang akan dikunjungi. Waktu itu saya membeli tiket 50 ribu, sehingga saya hanya bisa keliling di kebun apel dan tak bisa ke kebun strowberry. Lumayan lah untuk refreshing!

Songgoriti; Taman Sejuk dan Air Panas









Dari Kusuma Agro, saya dan istri ke Songgoriti. Sebuah taman hijau nan asri dengan kolam renang serta pemandian air panas yang menyenangkan. Tidak jauh dari Kusuma Agro. Begitu melihat bagian dalam taman, saya begitu terkesan dan merasa damai. Lahan hijau rerumputan luas dan pohon-pohon besar rindang membentang dengan balutan hawa dingin menyejukkan. Wuiiih segeeer bener! Saya dan istri kemudian bermain ayun sekalian makan bekal sambil menikmati kesejukan anugerah Allah yang terhampar.

Di bagian lain, banyak pengunjung bersama keluarga sedang menikmati makan siang. Walaupun siang, suasana tak terasa terik. Justru segar, sejuk, dingin dengan sapuan angin spoi-spoi. Yah, mungkin terasa di taman surga. Begitu damai dan menyejukkan. Masih di bagian taman, terdapat arena bermain anak-anak dengan miniatur bunga dan buah yang besar dan menarik. Sebuah danau buatan dengan patung Kera Sakti dan kawan-kawannya (seperti di film) bertengger di tengahnya semakin menambah asyiknya suasana. Pengunjung bisa naik perahu di danau ini. Entah berapa tiketnya, karena saya tak naik. Saya justru berfoto ria dengan istri di jembatan melengkung di atas danau.

Jika Anda ingin berenang, Anda bisa berenang di kolam renang yang cukup luas, dan pastinya airnya begitu dingin. Setelah lelah berenang, warung makan dan penjual makanan asongan juga bertebaran. Jika Anda ingin mandi di air panas, sebuah kompleks pemandian air hanyat siap menghangatkan diri Anda. Pemandian air panas ini dikemas per kamar, walaupun ada kolam air panas diluar yang bisa digunakan banyak orang. Di Songgoriti ini, kita benar-benar disejukkan dan dihangatkan.

BNS: Batu Night Spectacular



Setelah saya dan istri ke Kusuma Agro dan Songgoriti hingga sore, kami mampir ke rumah seorang teman sekalian ingin melihat anaknya yang masih kecil. Di sana hingga maghrib. Tak disangka saya dan istri ingin sekali ke BNS setelah bercerita banyak tentang obyek wisata di Batu. Selain itu, letak BNS yang tak jauh dari rumah teman saya ini semakin membuat saya dan istri makin ingin ke BNS setelah setahun yang lalu gagal ke BNS! Itung-itung balas dendam mumpung malam-malam di Batu. Akhirnya, saya dan istri bersama teman tersebut (suami-istri) sekalian anaknya yang masih bayi ke BNS.

Apa yang ada di BNS? Mirip Dufan di Jakarta. Sebuah arena bermain yang makin indah saat malam. Namanya saja Batu Night Spectacular. DI sana berbagai wahana bermain disajikan, terutama wahana yang memompa adrenalin seperti sepeda angin (sepeda di udara), rodeo/matador (naik patung banteng yang bergerak tidak karuan), trampolin, orbit (berputar dan berbalik di udara),rumah hantu, pink park, piramida kaca, pasar aksesori dan lain sebagainya.







Pokoknya, jika Anda ingin bermain dan memompa adrenalin, datanglah ke BNS! Saya sampai hilang suara dan kepalanya munyeng-munyeng naik orbit. Istri saya tidak berani naik orbit, karena memang gila bener! Tapi, stresnya hilang. Selain naik orbit, sya juga naik sepeda angin, yang bisa melihat kota Batu dari atas dan satu lagi saya lupa namanya (wahana yang naik turun dan goyang kanan-kiri) mengocok perut.Berapa tiketnya? Terjangkau, tidak mahal. Yang membuat menarik adalah lampu-lampu dari tiap wahanya yang sangat menarik dan warna-warni spektakuler! Bnas adalah pasar malam yang menegangkan dan menyenangkan.