Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

18 Februari 2010

Buku Vodka, Cinta dan Bunga


Buku yang Bikin Anda Katrok tentang Rusia

Kau tak dapat mengerti tentang Rusia dengan pikiranmu.
Kau tak dapat mengukurnya dengan ukuran tertentu.
Ia mempunyai alam yang khusus.
Kau hanya percaya pada Rusia.
(Tjutchev, 28 November 1866)

Apa yang ada di otak Anda saat mendengar kata Rusia? Mungkin di saraf otak Anda berputar bayangan palu arit, komunis, Kremlin, dan Lenin. Jika yang terbayang hanya itu, maka Anda benar-benar berada dalam lorong sempit pengetahuan tentang Rusia. Bagaimana sebenarnya Rusia sekarang? Sepertinya lontaran kata-kata Tjutchev di masa lampau tersebut tidak salah. Utamanya bagi orang luar Rusia yang melihat Rusia. Itulah mungkin kata-kata yang pas untuk menggambarkan kesan terhadap Rusia.

Jika Anda ingin menikmati ‘hidangan’ lezat tentang Rusia kontemporer, buku Vodka, Cinta dan Bunga adalah menu yang tepat Anda lahap. Buku ini layaknya vodka, semakin dibaca, semakin memabukkan dan ketagihan. Membaca satu bab, ingin rasanya menenggak bab lainnya. Dan setiap kali membaca satu bab, Anda akan menemukan ‘rasa’ yang lain tentang Rusia. Renyah racikan bahasanya, terasa bumbu bahasanya, dan nikmat dibaca.

Anda tidak akan kecewa dengan kualitas isinya. Karena kedua penulisnya orang yang tinggal di Rusia sehingga benar-benar menjiwai tulisannya. M. Aji Surya, adalah seorang diplomat RI yang tinggal Moskow dan Khoirul Rosyadi adalah mahasiswa yang sedang menggaet Ph.D di kampus RUDN, Moskow.

Buku setebal 253 halaman ini menyingkap fakta yang jarang diketahui dan pengalaman unik penulisnya tentang Rusia. Anda akan banyak mengidap virus ‘wow’ saat melahap bab demi bab. Hawa patriotisme akan terasa saat membaca bab Glorious of The Past, Best Ever Underground Museum, dan Sisa-Sisa Patriotisme. Dinginnya salju akan menusuk tulang Anda saat menikmati kata demi kata di bab Berbeku-Ria di Ismailova, Pemakaman di Musim Salju, dan Balada Salju. Saat Anda menikmati bab Jalan Sunyi Tolstoy, Lenin dan Kapitalisme, McDonald’s Yes America No, dan Masyarakat di Simpang Jalan, pertarungan ideologi dan pemikiran akan memenuhi otak Anda. Namun, Anda akan menemukan kekonyolan luar biasa saat Anda menekuri bab Misteri Harga di Udara, Dokument Pazalsta, dan Terwolina. Selanjutnya, Anda akan geleng-geleng kepala di bab Dilema Bahasa, Seks dan Tuhan, serta Tuhan? Dan bab yang jarang ditulis oleh penulis buku lain tentang Rusia, yaitu bab Kota Santri. Di bab ini Anda akan menemukan suasana kota Kazan yang nyantri seperti di Indonesia. Dan di bab-bab lain, Anda akan menemukan keunikan lainnya.

Membaca buku ini tak sekadar rekreasi, tapi kita banyak memetik hikmah. Tentang patriotisme, jati diri bangsa, pendidikan, dan sebagainya. Anda seolah-olah berada di Rusia saat membaca detail kalimat deskripsi di buku ini. Dan setelah membacanya, ingin segera pergi ke Rusia membuktikan kebenaran tulisannya. Itu kesan saya!

Ratman Boomen
(Editor buku Vodka, Cinta dan Bunga,
juga penikmat buku)

0 Responses: