Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

29 September 2010

Buku Seruling Diplomat


Sekitar sepekan setelah lebaran 2010 kemarin, tepatnya tanggal 20 September 2010, saya menemani penulis buku Tetralogi Rusia, M. Aji Surya untuk launching dan bedah buku ke-3-nya yaitu buku Seruling Diplomat (Jaring Pena, 2010), di almamaternya Pondok Gontor Ponorogo. Dia datang dari Rusia jauh-jauh untuk berbagi pengalamannya menjelajah dunia.

Setelah sukses dengan kedua bukunya Vodka, Cinta dan Bunga (VCB) dan Moskow-Petersburg-Vladivostok (MPV), M. Aji Surya berkisah tentang nilai-nilai lokal dan universal dengan menyajikan buku ke tiganya, yaitu Seruling Diplomat (SD). Karya ketiga dari Sang Diplomat berbakat ini merupakan buku ke-3 dari Tetralogi Rusia yang ia impikan. Bisa dibilang, buku Seruling Diplomat sebagai lanjutan dari buku VCB dan MPV dengan bidikan yang berbeda, yaitu tentang renungannya atas berbagai hal di negeri-negeri di pelosok dunia. Lebih tepatnya tentang “kearifan sosial dunia”. Sebagai seorang diplomat Indonesia di Rusia, M. Aji Surya menuliskan karyanya berdasarkan pengalamannya menjelajah negera-negara yang didatanginya, bahkan ditempatinya itu.

Buku ini menyajikan berbagai kisah penuh kearifan dan renungan dengan bahasa yang menyegarkan juga jenaka. Berbagai nilai-nilai kearifan sosial universal yang mungkin tak pernah terbayangkan oleh kita, membuat kita terhenyak. Lihat saja berbagai judul menariknya, seperti Melukis Kehidupan Keluar dari Kemapanan yang mengajak kita agar berpikir keluar dari kemapanan (think out of the box), Bule dalam Karung, Neokolonialisme Hape, Nyantri di Rusia, Simfoni Jalanan di kairo, Dialektika Perkawinan Siti Nurbaya, Senyum dan Poligami, dan lainnya. Membaca Seruling Diplomat, Anda akan terbawa keliling dunia dan menemukan berbagai nilai-nilai yang sangat bermanfaat juga menginspirasi. []



0 Responses: