Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

26 Agustus 2011

Iblis Guruku; Buku yang Kontroversial


Baru saja terbit buku Iblis Guruku, karya Moeslih Rosyid. Diterbitkan oleh Jaring Pena, AGustus 2011. Ada banyak hal menarik dari buku ini. Ada paradigma "tidak umum" yang disajikan penulis tentang iblis. Sampai-sampai penulis banyak "disidang" oleh para kyai di beberapa kota di Jawa Timur, bahkan di Nusa Tenggara Barat. Seperti apa isinya? Lebih baik Anda baca sendiri saja, agar lebih memahami isinya dan bisa berkomentar atau memberikan argumen lain yang mencerahkan. Berikut ini tulisan di back cover buku tersebut.

Jika para nabi, kyai, ustadz, cendekiawan, motivator, pebisnis sukses, dan orang baik-baik jadi guru, itu biasa. Tapi, iblis jadi guru? Bagaimana mungkin makhluk biang dosa dan permusuhan ini menjadi guru bagi manusia? Bukankah dia makhluk yang dilaknat oleh Allah? Kok berani-beraninya? Ini memang luar biasa!

Jika kita sering menyalahkan iblis. Jika kita sering mengkambinghitamkan iblis atas semua dosa dan kejahatan. Jika kita memusuhi dan membenci iblis. Jika selama ini kita menganggap iblis tidak taat kepada Allah dan membangkang-Nya. Maka, kini saatnya kita menilik lebih dalam atas peran iblis dalam skenario Allah atas kehidupan kita.

Bukankah iblis makhluk yang taat dan hanya menuhankan Allah, hingga tak mau sedikit pun “bersujud” kepada Adam? Jika iblis tak menggoda Adam, bukankah kita tak akan hidup di dunia ini? Mengapa pula iblis begitu jujur kepada Rasulullah saw. serta mengungkap segala sesuatu tentang diri dan aksinya?

Banyak rahasia tersembunyi tentang iblis yang tak diketahui manusia. Maka, kini saatnya tabir rahasia itu disingkap selebar-lebarnya. Agar semuanya tahu. Jika pengalaman saja bisa menjadi guru, kenapa tidak dengan iblis?

0 Responses: