Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

26 Agustus 2011

Air Terjun Madakaripura; Wisata Alam Probolinggo

Jika Anda ke Probolinggo atau ke wilayah Gunung Bromo, air terjun Madakaripura merupakan salah satu tujuan wisata alam yang mempesona. Berada di wilayah Probolinggo agak ke "dalam". Perjalanan ke air terjun hampir satu jam melalui area pedesaan dan hutan yang menyejukkan. Jalannya naik-turun dan berkelok. Harus berhati-hati jika baru pertama kali menempuh jalur itu. Tentang keindahan air terjun ini, jangan diragukan. Benar-benar alami. Hawa di sana seperti AC dengan suhu 16 derajat, dingin sekali. Polusi udara sangat minimal. Dijamin stres Anda hilang di sini. Lokasi air terjunnya harus ditempuh jalan kaki sekitar 2 kilometer dari area parkir. Di sana ada guide, jika Anda menginginkan panduan jalan. Anda harus bernegosiasi harga sebelum dipandu. Menuju ke air terjun, kita menyusuri aliran sungai kecil dari air terjun di atasnya. Pepohonan hijau yang lebat menghiasi sepanjang mata memandang.

Yang unik, air terjun ini berada "di bawah" bumi. Jika kita memandang ke atas, kita berada di dalam sebuah lubang besar dengan air terjun yang mengalir dari atas. Selain itu, konon menurut cerita warga sekitar, air terjun ini merupakan tempat "akhir" pertapaan Gajah Mada hingga menghilangnya (mungkin "moksa" dalam kepercayaan Hindu). Itulah mengapa air terjun ini dinamakan MADAKARIPURA. Mada: Gajah Mada, Kari: terakhir, Pura: tempat pertapa. Makanya, ada patung Gajah Mada di lokasi menuju air terjun. Buktikan kesegarannya!















0 Responses: