Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

31 Desember 2011

Memaknai Tahun Baru 2012



Sebentar lagi tahun baru 2012? Apa yang ada dalam pikiran dan perasaan kita? Sejatinya, pergantian tahun adalah keniscayaan. Allah telah menentukan hukum atas waktu yang terus berjalan. Yang harus dilalui makhluk-Nya tanpa kecuali. Bagi umat manusia, tahun baru adalah lembaran baru dalam rangkaian episode kehidupannya. Lembaran-lembaran itulah yang akan merupa wajah kehidupan kita. Lalu, bagaimana seyogyanya kita memaknai tahun baru 2012 besok?

Renungkan dan Koreksilah yang Telah Lalu
Setahun yang lalu sudah banyak atau justru tidak banyak yang kita lakukan. Maka, renungkanlah apa yang telah atau belum kita kerjakan. Tercapaikah target-target kita di tahun lalu? Jika sudah, layak untuk diapresiasi dan ditingkatkan di tahun selanjutnya. Jika belum, maka perbaikilah di tahun yang baru itu. Dalam bahasa agama (Islam), itulah yang disebut muhasabah, yaitu merenungkan dan menghitung-hitung diri (koreksi). Sampai-samapi ada ungkapan "hisablah dirimu sebelum engkau dihisab (oleh Allah)".

Tentukan Target di Tahun Baru Esok
Amat rugi orang-orang yang tahu tahun lalu tidak mencapai apa-apa, lalu di tahun berikutnya tidak melakukan perbaikan. Sungguh merugi. Orang-orang yang cerdas adalah yang mempersiapkan dan bertekad meraih sebuah pencapaian di tahun berikutnya. Kegagalan di tahun lalu adalah cambuk untuk melaju di tahun yang baru. New year, new hope, new success. Tentukanlah, target apa yang akan diraih di tahun baru esok itu. Kita bisa menentukan sebuah tema untuk tahun baru yang akan kita hadapi. Misalnya: Tahun 2012 adalah Tahun Sehat, Tahun Pengusaha Sukses, Tahun Menulis 10 Buku, Tahun ke Luar Negeri, Tahun S2/S3, dan sebagainya. Dengan menentukan tema, maka target kita sudah jelas. Dengan demikian, kita bisa fokus mencapainya. Buatlah skema (rencana program/palan) pencapaian agar target-target tersebut bisa terealisasi.

Bulatkan Tekad untuk Pencapaian di Tahun Baru
Setelah menentukan target dan skema rencana, maka suntiklah dengan tekad bulat. Sulutlah tahun baru dengan energi besar tekad yang membara. Saya lebih menyukai kata "tekad" daripada "semangat". Menurut saya, tekad lebih bernenergi, lebih utuh dan kuat serta sustainable (istiqomah). Bahkan, tekad yang bulat bisa menciptakan "nekad". Itu yang luar biasa.

Yakinlah Sepenuh Hati
Keyakinan adalah tambatan hati dan "energi ketuhanan" yang invisible. Tak kasat mata, tapi nyata. Keyakinan adalah tali penghubung antara hamba yang berusaha sekuat tenaga dengan takdir Allah. Jika usahanya benar-benar, tekadnya bulat, maka tali suksesnya (takdir kesuksesan) adalah keyakinan, yang tentunya disertai ketawakalan. Maka, yakinlah, insya Allah mengikatnya dengan takdir kesuksesan. Amin. Selamat mencapai sukses di 2012! []

0 Responses: