Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

01 Maret 2009

Manfaat Taubat

Manfaat Taubat24

Ketahuilah wahai hamba Allah, sesungguhnya taubat memiliki manfaat yang besar. Cukuplah bagi orang yang bertaubat termasuk golongan orang-orang yang adil di hadapan Allah, sebagaimana firman Allah dalam surat al-Hujurât ayat 11:

Artinya: "Dan barangsiapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim." (Q.S. al-Hujurât : 11)

Dari ayat di atas, sesuatu dapat diketahui dari lawannya (naqîdh). Lawan dari zhalim adalah adil yang merupakan sifat orang-orang taubat. Dan, di antara manfaat taubat adalah sebagai berikut:

1. Senjata akhlak

Taubat adalah salah satu senjata iman, bahkan ia menjadi senjata yang sangat ampuh yang digunakan manusia dalam dirinya. Senjata ini dapat merubah tabiat hidup manusia. Oleh karenanya, seorang penulis berkebangsaan Belanda, Francistal, dalam tulisan yang dimuat dalam majalah Islam yang diterbitkan oleh Jam’iyah Islamiyah di Inggris berkata: "Taubat dalam Islam adalah media bagi seseorang untuk merubah dirinya. Taubat adalah senjata akhlak (etika) yang sangat penting. Di dalam taubat terdapat penyesalan, perubahan, dan peralihan."

2. Menghormati diri

Di antara manfaat taubat adalah manusia menghormati dirinya sendiri setelah dia menghina dan membencinya ketika terpuruk dalam kemaksiatan. Adapun setelah taubat, kenyataan berubah. Karena, orang yang bertaubat mencintai dan menghormati dirinya. Itu semua terjadi karena beberapa hal berikut ini:

a. Taubat membuka pintu harapan bagi manusia yang bingung sebab dibayang-bayangi oleh kesalahan dan dosanya. Yang demikian karena setelah taubat, harapan menjadikannya merasakan ketenangan jiwa.

b. Taubat mendorong hamba untuk menghormati dirinya setelah dia merendahkannya karena dosa.

c. Taubat mendorong hamba untuk bebas dari perasaan berdosa dan takut.

3. Keberkahan amal dan kelembutan hati

Sesungguhnya taubat memiliki pengaruh bagi hati. Dalam hal ini Ibnu al-Jauziyah berkata: "Sesungguhnya taubat mewajibakan bagi pelakunya cinta, kelembutan, syukur kepada Allah, mengharapkan ridha-Nya, dan amal ibadah lainnya." Jika hamba bertaubat kepada Allah –dan taubatnya diterima, maka dia akan menemukan bermacam-macam nikmat yang dia tidak ketahui rinciannya, tetapi dia selalu merasakan dalam keberkahan-Nya selama dia tidak merusak dan membatalkan taubatnya.

4. Mengganti keburukan

Allah berfirman dalam surat al-Furqân ayat 70:

Artinya: "Kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman, dan mengerjakan amal saleh; maka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Q.S. al-Furqân : 70)

Ini adalah manfaat paling besar yang mendorong hamba untuk bertaubat pada setiap saat dalam hidupnya. Taubat menghapus kesalahan-kesalahan yang telah lampau. Dan, seseorang menjadi senantiasa seperti ketika dilahirkan oleh ibunya, yaitu dalam keadaan suci dan bersih setelah dia mengikrarkan taubat. []

_________________

24 Lihat Musthafa Haqqi, Al-Muntaqa min al-Fawâ`id al-Îmâniyyah, Dar al-Thawiq, Riyadh, 1424 H / 2003 M, cet. I, hlm. 30.


0 Responses: