Selamat Datang di Blog Ratman Boomen. Semoga Anda Mendapat Manfaat. Jangan Lupa Beri Komentar atau Isi Buku Tamu. Terima Kasih atas Kunjungan Anda.

31 Oktober 2011

Kusuma Agro Wisata Batu; Kebun Apel









Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga atau teman-teman di Jawa Timur, kota Batu merupakan pilihan tepat. Kota Batu, yang dulu masih menjadi wilayah Malang, kini menjadi kotamadya sendiri dengan ikon "Kota Wisata Batu". Ya, di Batu terdapat sekian banyak obyek wisata alam dan buatan yang dikelola dengan baik dan menarik. Tak heran jika tahun 2011 ini Batu menerima penghargaan sebagai kota nomor satu yang paling peduli wisata di Jawa Timur.

Beberapa bulan lalu, saya dan istri berlibur ke tiga obyek wisata di Batu, yaitu Kusuma Agro Wisata, Songgoriti, dan Batu Night Spctacular (BNS). Nah, bagian pertama adalah ke Kusuma Agro. Letaknya tak jauh dari pusat kota Batu. Tempat ini sangat terkenal karena salah satu ikon Batu, yaitu buah apel. Di Kusuma Agro ini kita akan berada di kebun apel dan jeruk yang luas juga kebun strowberry. Saya sarankan, jika Anda ingin ke sini, perhatikan waktu. Sebaiknya datang saat buah-buah tersebut sedang berbuah.

Selain kebun buah, ada juga pabrik minuman sari apel Kusuma. Letaknya di kompleks kebun. Anda akan dibawa oleh guide berkeliling kebun. Setelah capai keliling, Anda akan disuguhi roti tawar apel gratis dan makan apel serta jeruk sepuasnya. Saya dan isti juga berkali-kali nambah sepuas-puasnya. Awalnya saya kira bisa memetik apel untuk dibawa pulang, ternyat tidak bisa. Jika dulu pengunjung katanya boleh makan apel sepuasnya di kebun, kini sudah tidak di kebun, tapi arena istirahat dan bermain anak.

Tak hanya itu, di kompleks ini juga ada area bunga-bunga dan bonsai. Kita bisa membeli aneka rupa bunga dan bibitnya. Bukan saja bibit yang masih kecil, tapi bibit berupa biji dari bunga dan tanaman lainnya.

Jika Anda ingi menginap, di area Kusuma Agro juga ada villa dan hotel yang sangat menarik dengan suasana dingin dan hijau. Hotel dan villa ini persisi di pintu pertama kali masuk kompleks. Lalu, Berapa tiket masuknya? Ada beberapa tipe tiket sesuai obyek yang akan dikunjungi. Waktu itu saya membeli tiket 50 ribu, sehingga saya hanya bisa keliling di kebun apel dan tak bisa ke kebun strowberry. Lumayan lah untuk refreshing!

0 Responses: